Gangguan Pigmentasi


Warna kulit manusia ditentukan oleh b erbagai faktor, yang terpenting adalah jumlah pigmen melanin kulit, peredaran darah, tebal tipisnya lapisan tanduk dan adanya zat-zat warna lain yang bukan melanin yaitu darah dan kalogen. Dalam keadaan normal, melanin dihasilkan secara teratur oleh sel melanosit. Melanin, selain memberi warna pada kulit, juga berfungsi melindungi kulit dari terpaan sinar matahari yang dapat merusak struktur kulit, dan kulit menjadi gelap. Melanin sangat berguna melindungi kulit terhadap penyinaran sinar ultra violet. Pembentukan pigmen melanin dirangsang oleh sinar ultra violet. Kelainan pada proses pembentukan pigmen melanin kulit, yaitu :

a.  Melanosis 
Salah satu penyakit melanosis adalah  melasma (chloasma), yaitu adanya  bercak-bercak berwarna coklat kehitaman  (hiperpigmen-tasi) di kulit muka yang sangat khas  seperti di daerah pipi, dahi dan bibir atas. Melasma sering timbul karena kehamilan, pil kontrasepsi,  pemakaian  kosmetik  dan  sinar  matahari.  Melasma karena kehamilan, dapat menghilang setelah melahirkan. Melasma karena kosmetika terjadi karena fotosensitisasi oleh zat tertentu seperti zat pemutih.  Zat ini menyebabkan kulit lebih rentan terhadap sinar ultra violet sehingga   lebih   mudah   dan   cepat   membentuk  melanin.

b.Gangguan pigmentasi dapat  berupa : gangguan fungsi kelenjar minyak yakni pengeluaran minyak yang berlebihan dan bila terjadi penyumbat-an saluran kelenjar palit dapat terjadi millium atau akne yang dapat meradang, gangguan pertandukan kulit yakni pada bagian muka terdapat berbagai  macam keratinosis kulit seperti hiperkeratinisasi  atau kekolotan dan pada bagian badan, tangan dan kaki terjadi penyisikan kulit seperti sisik ikan, kulit merah dan bersisik, kapalan serta katimumul atau mata ikan, juga gangguan peredaran darah berupa pelebaran pembuluh darah rambut.

c.Lentigo yaitu sejenis naevus pigmentosus yang  terlihat menyerupai  ephilides, licin berwarna coklat tua. Lentigo tidak akan memudar walau-pun dalam  musim dingin, serta dapat  pula  terjadi di bagian tubuh yang tertutup pakaian.

d.Vitiligo  adalah gangguan pigmentasi pada kulit yang ditandai dengan terjainya bercak-bercak putih karena kehilangan melanin. Kelainan ini terjadi secara turun temurun. Bercak ini dapat berukuran besar atau kecil, berbentuk bulat atau tidak menentu tetapi bila bersatu bisa menjadi lebih besar. Bercak-bercak ini lebih sensitif terhadap sinar matahari.  Vitiligo lebih banyak terjadi di daerah tropik, terutama pada orang-orang berkulit gelap. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahakan kirimkan ide/pertanyaan anda mengenai postingan salon yang baru saja anda baca.
gar blog ini tetap mengikuti perkembangan Salon-salon di Indoensia

Redaksi Salon Indonesiablogspot

Tertarik Produk Anda di Publikasi

Hubungi:
Redaksi Salon Indonesia

Gadget

Konten ini belum tersedia melalui sambungan terenkripsi.

Link Seputar Dunia Salon dari Indonesia

Salon
Make up Artist Indonesia
Produk
Kosmetik
SPA
Majalah
dll

Salon Indoneisa

Salon Indoneisa

Produk- Produk Salon

Travel Promo