Masker Herbal Buatan Sendiri

Masker, selain yang dibuat oleh produsen kosmetika, kita pun dapat membuat masker sendiri dari berbagai bahan alami, hal ini seiring dengan gerakan kembali ke alam. Bahan alami yang dapat dipakai  sebagai  bahan masker  yaitu sayur - sayuran,buah-buahan, havermout, telur dan madu, tetapi pilihlahbahan, baik sayur-sayuran maupun buah-buahan yangbermutu baik, benar-benar matang dan segar. Untuk susu,telur, madu dan havermout dapat dipilih yang masih segar dan belum kedaluwarsa.
Beberapa jenis masker buatan sendiri denganmenggunakan bahan alami, di antaranya  :

Avokad
Avokad memiliki kandungan lemak yang berkhasiat melembabkan kulit, karena itu cocok digunakan untuk
perawatan kulit kering agar menjadi lembab, lembut dan kencang. Caranya : lumatkan 1 buah avokad, campur
dengan 1 sdm madu dan aduk  rata. Oleskan pada wajah biarkan selama + 10 menit hingga mengering, bilas dengan air hangat.

Jeruk
Peras air jeruk segar dari 2 buah jeruk, campur dengan 1 bungkus  gelatin dan aduk rata, simpan dalam lemari es hingga cukup padat kemudian oleskan pada wajah secaramerata dan biarkan selama + 10 menit dan bilas dengan air dingin serta keringkan dengan handuk. Masker ini cocokuntuk kulit normal atau berminyak terutama saat udarapanas agar wajah terasa halus, kencang dan tidak kering. Buah jeruk dan kulitnya juga dapat digunakan sebagaipembersih dan penyegar yang cocok digunakan untukperawatan kulit berminyak. Untuk  pembersih : rendam kulit jeruk manis dalam air, tusuk-tusuk dengan garpu, danbiarkan semalaman. Gunakan untuk mem-basuh kulit wajah keesokan harinya. Untuk penyegar : celupkan sepotongkapas ke dalam air, peras, dan teteskan beberapa tetes sari buah jeruk segar pada kapas basah tersebut, kemudian bubuhkan pada wajah.

Jeruk nipis
Jerawat pada kulit kombinasi bisa menggunakan jenis masker jeruk nipis. Manfaat lain masker ini adalah untuk mengatasi penuaan dini. Caranya peras ½ bagian jeruk nipis, campur dengan 1 butir putih telur yang telah dikocok kaku, oleskan pada wajah dan biarkan selama + 15 menit, bilas dengan air hangat. Masker ini dapat digunakansemalaman, untuk memperoleh hasil maksimal.

Susu bubuk
Masker dari susu bubuk dapat digunakan untuk menghaluskan, memutihkan, menyegarkan, dan memberi cahaya pada kulit wajah. Untuk keperluan ini, gunakan susu bubuk full cream agar kandungan lemaknya dapat dimanfaatkan secara maksimal. Susu rendah lemak dan susu instankurang cocok digunakan sebagai masker. Caranyacampurkan 2 sdm susu bubuk, 1 sdm madu dan 2 sdm air panas, aduk rata, kemudian oleskan pada kulit wajah dan leher, biarkan selama + 15 menit hingga masker mengering.Bilas dengan sabun khusus untuk wajah dan air hangat.Bubuhkan pelembab segera setelahnya.

Telur
Pada telur terdapat dua bagian yang dapat dimanfaatkan yaitu kuning telur  cocok digunakan untuk perawatan kulit kering dan normal. Caranya kocok 1 butir kuning telurtambahkan ½ perasan jeruk nipis dan parutan kulit jeruk nipis. Biarkan semalaman agar telur menyerap minyak dari kulit jeruk. Oleskan pada wajah kecuali daerah sekitar mata dan bibir, biarkan selama + 10 menit dan bilas denganmenggunakan air hangat. Putih telur cocok digunakan untukperawatan kulit berminyak dan dapat membantumengencangkan kulit wajah yang kendur. Caranya kocok 1 butir putih telur tambahkan perasan ½ buah jeruk nipis dan parutan kulit jeruk nipis. Biarkan semalaman agar telurmenyerap minyak dari kulit jeruk. Bubuhkan pada wajah dan biarkan selama + 10 menit kemudian bilas dengan airhangat.

Strawberi
Untuk kulit berminyak, masker strawberi sangat baik diunakan untuk meluruhkan sel kulit mati dan menyegarkan kulit kusam. Strawberi d icampur dengan havermout yang mengandung vitamin B1 dan mineral seng. Strawberri dapat mempercepat regenerasi sel kulit mati dan melembutkan kulit kering.
Untuk kulit berminyak, campur 50 gr buah strawberi dan 1 sendok makan havermout, haluskan dengan blender kemudian oleskan pada seluruh wajah dan leher sambildilakukan pijatan ringan, biarkan kering dan bilas dengan air hangat.Untuk kulit kering, panaskan 1 sendok makan mentega hingga meleleh, dinginkan kemudian  campur dengan 75 gr strawberi segar dan  proses dengan blender. Oleskan padaseluruh wajah dan leher, biarkan mengering selama + 15 menit, bilas dengan air hangat dan sabun khusus untukwajah dan segera kenakan pelembab.

Mentimun
Ramuan dari mentimun cocok untuk kulit berminyak karena dapat mengurangi kadar minyak yang berlebihan. Masker mentimun juga dapat memberi kesegaran pada kulit kusamdan terbakar sinar matahari serta dapat digunakan sebagai penyegar. Untuk masker, 1 buah mentimun diparut diambil airnya, campur dengan 1 sendok makan minyak zaitun dan 4 sendok makan susu segar matang, aduk rata. Oleskan pada seluruh wajah dan leher, biarkan selama + 15 menit, bilas dengan air hangat.
Untuk penyegar, parut 1 buah mentimun, saring dan ambil airnya. Dengan bantuan sepotong kapas oleskan air
mentimun ke seluruh wajah.


Tomat
Kandungan vitamin C dalam tomat selain bermanfaat bagi tubuh, juga sangat bagus untuk kesehatan dan kelembutan kulit. Pemakaian secara teratur dapat membantumemperkecil lubang pori-pori kulit. Caranya parut 1-2 buah tomat atau proses dengan blender, campur dengan 1 sdm susu bubuk dan 25 cc sari jeruk, kemudian aduk rata.Oleskan pada seluruh wajah dan leher sambil lakukanpijatan ringan, biarkan selama +15 menit, bilas dengan air hangat.


Pepaya
Buah pepaya mengandung banyak kandungan gizi yang dapat mencegah penuaan dini dan meremajakan lapisan dermis dalam kulit. Masker dari buah pepaya cocok untuk semua jenis kulit dan dapat membantu melembabkan kulit serta dapat meluruhkan sel kulit mati. Caranya lumatkan ½ buah pepaya, oleskan pada wajah biarkan selama + 15 menit dan bilas dengan air hangat.


Pisang
Sama seperti masker pepaya, masker pisang dapat digunakan untuk semua jenis kulit terutama untuk kulit
berjerawat. Kandungan zat yang terkandung dalam pisang dapat membantu mengempiskan jerawat. Lumatkan 1 buah pisang ambon matang segera oleskan pada wajah dan leher, biarkan selama + 15 menit, bilas dengan air hangat dan kemudian basuh sekali lagi dengan air dingin.

Melon dan Semangka
Buah melon dan semangka banyak menyimpan dan mengikat air sehingga cocok digunakan sebagai bahan
masker untuk kulit kering atau terbakar sinar matahari.Caranya iris tipis 1/8 melon atau semangka, bungkus irisan dengan kain kasa dan tempelkan pada wajah, biarkan + 15menit, bilas dengan air dingin.

Apel
Zat yang terdapat dalam apel dapat menetralisir minyak yang berlebihan pada wajah hingga cocok digunakan untuk kulit berminyak. Caranya  parut 2 buah apel atau prosesdengan blender, segera bubuhkan pada wajah, biarkan + 15 menit dan bilas dengan air hangat.

Havermout
Masker dari havermout ini digunakan untuk kulit berminyak. Campur 2 sdm havermout dan1 sdm jeruk nipis, prosesdengan blender sampai tercampur rata. Bubuhkan pada wajah sambil lakukan pijatan ringan. Biarkan hinggamengering dan bilas dengan air teh hangat hingga bersih


Wortel
Masker wortel dapat digunakan untuk kulit kusam dan terbakar sinar matahari. Wortel dicampur dengan madu dan yoghurt dapat memberi nutrisi pada kulit. Kandunganbetakarotin pada wortel akan melembutkan kulit dan menjadikan kulit lebih bersinar. Haluskan 3 buah wortel,campur dengan 2 sdm madu dan 3 sdm yoghurt, aduk rata. Oleskan pada wajah sambil lakukan pijatan ringan ke arah atas, biarkan + 15 menit, bilas dengan air mineral.


Kentang atau bengkoang
Masker kentang atau bengkoang dapat membantu mengurangi lingkaran hitam dan kantung mata yang kerap
muncul jika kurang tidur. Parut sebuah kentang ataubengkoang, bungkus hasil parutan, bisa langsung ditempel
pada kelopak mata atau bila disaring diambil airnya bisa dioleskan pada seluruh wajah, sehingga hasilnyadapat
memutihkan kulit.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahakan kirimkan ide/pertanyaan anda mengenai postingan salon yang baru saja anda baca.
gar blog ini tetap mengikuti perkembangan Salon-salon di Indoensia

Redaksi Salon Indonesiablogspot

Tertarik Produk Anda di Publikasi

Hubungi:
Redaksi Salon Indonesia

Powered By Blogger

Link Seputar Dunia Salon dari Indonesia

Salon
Make up Artist Indonesia
Produk
Kosmetik
SPA
Majalah
dll

Salon Indoneisa

Salon Indoneisa

Produk- Produk Salon

Travel Promo