Macam-macam Teknik Aroma Terapi

Di negara kita, pemijatan merupakan teknik aromaterapi yang paling populer, --iungkin karena kita sering melihat promosi jasa pijat ini di berbagai Man. :::Jahal, masih banyak teknik lain yang justru bisa dilakukan sendiri di rumah  ukmengatasipenyakitseharl-hariatausebagalpertolonganpertamasebelum k.:-- Jokter. Nah, bagaimana memilih teknik aromaterapi yang sesuai dengan jenis keluhan atau penyakit yang diderita


AROMATERAPI bisa dilakukan dengan banyak cara. Untuk relaksasi, biasanya orang
lebih suka memilih pijat aromaterapi menggLl‑ nakan niinyak esensial karena memang lebih nikmat. Sayangnya, cara ini hams dilakukan dengan bantuan orang lain, yakni seseorang yang memang sudah terlatih untuk melakukan­nya. Jika ingin melakukannya sendiri di rumah, Anda bisa memilih berendam/mandi menggu­nakan air yang dibubuhi minyak esensial.

Praktik aromaterapi bisa dilakukan sendiri dengan cara berendam/mandi. Bisa juga dengan hirup uap, kompres, olesan, wewangian, kumur, bahkan langsung diminum. Tetapi teknik aromaterapi dengan cara minum harus dilakukan dengan sangat hati-hati!

PEMIJATAN
Teknik ini palln- efektif meresapkan zjrTilnyak esensial dan m,,-;nlngkatkan
daya khasiatnya. Pemijatan  memacu minyak esensial meresap ke dalam kulit dan segera mengalir dalam peredaran darah. Zat obatnya secara cepat dan efektif dikirimkan ke bagian-bagian tubuh yang perlu "direparasi".  Karena peranannya begitu penting dan tekniknya tidak sederhana, pijat aromaterapi akan dijelaskan sendiri dalam bab berikutnya.


BERENDAM
W;endam seluruh tubuh dalam air yang dibubLihi minyak esensial berkhasiat menenangkan. Terutama untuk mengatasi sulit tidur, stres/ depresi, kecemasan, dan sakit kepala. Bisa pula dilakukan untuk membantu menyembuhkan batuk, pilek, ketegang­an otot (encok, rematik), gangguan Ylit (kulit kasar, kudis, panu), gangguan menstruasi (nyeri haid, siklus haid tidak menentu atau tidak lancar). Tentu saja, untuk terapi gangguan haid jangan  dilakukan pada saat haid, kecuali jika hanya membilas tubuh.

Jika tidak ada bak rendam (bathtub), air yang telali dibubuhi minyak esensial bisa digunakan untuk membilas tubuh setelah mandi bersih. Bubuhkan 5 — 10 tetes minyak esensial, tunggal maupun campuran, ke dalam air. Untuk anak-anak bubuhkan tidak lebih dari 4 tetes minyak esensial, sedangkan untuk bayi cukup 1 tetes. Bisa menggunakan air dingin atau sedikit hangat agar minyak esensial tAak cepat menguap. Aduk dengan tangan.
Jangan menambahkan bahan lain apa pun ke dalam air, terutama bahan kimiawi seperti sabun busa (foam) atau minyak mandi (bath olt Gunakan untuk merendam tubuh yang telah bersih atau membilas.
Nyeri otot dan gangguan kulit pada bagian kaki bisa diatasi dengan memanfaatkannya untuk merendam kaki selama 10 — 15 menit. Lanjutkan utkan perawatan tersebut dengan
nn
pei atan pada kaki, disertai olesan minyak esensial yang telah dicampur minyak pelarut.

Hirup Uap
Cara ini bisa dipilih untuk meringankan ketegangan saraf (stres, depresi, sulit tidur, kecemasan), sakit kepala, pilek, hidung tersumbat, batuk, dan radang tenggorokan. Anak-anak dila-rang melakukannya karena berbahaya. Dikhawatirkan air panas akar turnpah atau ia ri-lengalami sesak napas karena belum tahu seberapa banyak uap air yang diperlukan. Pende-rita asma sebaiknya berhati-hati jLlga melakukannya. Bila perlu minta nasehat lebih dulu dari dokter/ahli aromaterapi.

Siapkan 1.000 ml air panas dalam baskom atau wadah lain. Tambahkan 3 – 4 tetes minyak esensial, tungga: atau campuran. Membung-kuklah hingga muka menghadap di atas baskom, kerudungi kepala dengan handuk. Hirup uap hangat dalam-dalam selama beberapa menit hingga aromanya habis. Bisa dilakukan 2 – 3 kali sehari untuk mempercepat penyembuhan.
Teknik hirup uap bisa dilakukan dengan cara sederhana. Teteskan minyak esensial pada sapu tangan atau kertas tisu, cukup sebanyak 5 – 6 tetes. Hirup aromanya dalam-dalam. Jika hendak tidur, letakkan sapu tangan di samping bantal Anda agar uapnya terhirup selama Anda tidur. Cara ini ampuh untuk melegakan gangguan pernapasan.


Kompres
Pengompresan bisa dilakukan dengan air dingin suhu kamar atau hangat. Kompres dingin balk untuk menyembuhkan sakit kepala, keseleo, luka memar, bengkak. Kompres hangat muJarab untuk meringankan nyeri otot, arthritis, rematik, sakit gigi, sakit telinga, bisul, bisul bernanah, clan penyakit kulit.
Campurkan minyak esensial ke dalam air, 6 – 8 tetes untuk setiap 200 ml air. Masukkan lembaran kapas tebal atau lipatan kain katun dalam air, peras hingga lembap. Tempelkan pada bagian yang sakit, bungkus dengan kain, rekatkan. Kompres dingin sebaiknya dibuka dan diganti dengan setelah 2 jam. am. Pada kom­pres hangat, bungkus ka­pas/kain kompres dengan handuk hangat. Ulangi mengompres setelah kain mulai dingin.
Untuk mengatasi keluh­an pada bagian tubuh yang terbatas bisa menggunakan lembaran kapas tebal/ lipatan kain katun basah yang ditetesi m-Inyak esensial. Bubuhkan 2 – 3 -.-::ltes. Gunakan untukmengompres luka kecil, luka memar, keseleo, bengkak bernanah.

Olesan
Terapi ini efektif untuk menyembuhkan gangguan terbatas pada kulit. Seperti luka  bengkak, dan memar. Minyak esensial dioleskan pada bagian yang sakit setelah diencerkan dengan minyak pelarut. Hanya minyak cendana dan minyak kayu putih yang bisa dioleskan langsung tanpa pengenceran. Yang lain dapat menimbulkan iritasi pada kulit.Jangan mengoleskan minyak pala tanpa -Dengenceran pada kulit dengan luka terbuka, -nisalnya luka borok atau luka tersayat. Berba-haya! Zat obat dalam minyak pala yang segera --tank ke dalam aliran darah dapat mengaki‑ --'K.an halusinasi dan tidak sadarkan diri.
Cara lain memanfaatkan minyak esensial
_:~agal olesan, bubuhkan 1 – 2 tetes minyak
-Drislal yang telah dicampur minyak pelarut
dalam krim atau hand-and-body lotion. Bisa
gunakan sehari-hari untuk perawatan kulit.
Tetapi penggunaan cara ini berisiko
-:-7nImbulkan alergi pada kulit yang sensitif.
.-tuk menghindarinya pertama-tama kali
-skan sedikit pada kulit untuk melihat
.:ksinya. Selanjutnya jangan gunakan jlka
!bul reaksi alergi.


Wewangian 
Untuk wewangian, minyak esensial bisa -unakan sebagai parfum maupun penyegar :gra ruangan. Cara ini bermanfaat untuk  mengatasi masalah emosional dan pernapasan.
-skipun demikian, mengatasi gangguan --:-ngan memanfaatkan minyak esensial
Daga    dijadikan i penyegar ruangan hendaknya di'adikan nan terakhir, sebab dampaknya tidak terlalu --aktif.
Gunakan minyak esensial sebagaimana -.:-nggunakan parfum. Bisa diteteskan pada Du tangan, boleh juga dioleskan pada bagian--glan tubuh tertentu, seperti tengkuk, -:-akang telinga, pergelangan tangan, dan -gah dada



Cara lain, menggunakan alat penguap khusus untuk aionia-Li-erapi, biasa disebut vaporizer, yang dipanas-kan menggunakan nyala api lilln. Kalau tidak ada, bisa menggunakan panci kecil berisi air panas yang diletakkan di atas pemanas listrik. Bubuhkan 6 – 8 tetes minyak esensial, tunggal atau campuran ke dalam air panas. Uap air yang keluar akan menebarkan aroma wangi ke seluruh ruangan.




KUMUR
Sangat efektif untuk menyem­buhkan sariawan, gusi berdarah, luka pada dinding mulut, radang tenggo­rokan, batuk, sakit gigi. Campurkan 4 — 5 tetes minyak esensial, tunggal atau campuran ke dalan-i segelas (250 ml) air hangat. Gunakan untuk berkumur. Untuk radang tenggorokan, lanjutkan dengan berkumur di dalam tenggorokan (gargling), dorong dengan-napas lewat mulut hingga air terdorong dan berbunyi. Segera muntahkan dan jangan diminum!
Teknik menghirup minyak esensial

MINUM
kurang halaman nya



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahakan kirimkan ide/pertanyaan anda mengenai postingan salon yang baru saja anda baca.
gar blog ini tetap mengikuti perkembangan Salon-salon di Indoensia

Redaksi Salon Indonesiablogspot

Tertarik Produk Anda di Publikasi

Hubungi:
Redaksi Salon Indonesia

Powered By Blogger

Link Seputar Dunia Salon dari Indonesia

Salon
Make up Artist Indonesia
Produk
Kosmetik
SPA
Majalah
dll

Salon Indoneisa

Salon Indoneisa

Produk- Produk Salon

Travel Promo